Berikut adalah estimasi waktu proses pengembalian dana untuk pembayaran di Merchant Offline ShopeePay:
Pengembalian dana hanya dapat diajukan apabila:
- Transaksi gagal dari sistem Merchant namun berhasil di sisi Pembeli.
- Jumlah yang dibayar tidak sesuai dengan nominal pembelian.
- Terjadi transaksi ganda, sehingga Anda membayar dua kali untuk transaksi yang sama.
Anda dapat mengajukan pengembalian dana dengan meminta pengembalian dana dari Merchant atau mengajukan pengembalian dana ke ShopeePay melalui Customer Service Shopee dengan melampirkan data berikut:
- Semua bukti dan nomor transaksi yang dimaksud.
- Bukti dari Merchant yang menunjukkan jumlah pembayaran yang seharusnya dilakukan dan jumlah yang Merchant terima.
Hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengajukan pengembalian dana:
- Pengajuan pengembalian dana harus dilakukan paling lambat 7 (tujuh) hari setelah tanggal transaksi.
- Jika sistem Merchant ShopeePay menunjukkan gagal pada saat melakukan transaksi, minta Merchant untuk memuat ulang atau me-refresh aplikasi Shopee. Kemudian, lihat apakah transaksi tersebut berhasil atau tidak. Jika masih tidak berhasil, silakan ajukan permohonan pengembalian dana ke Customer Service Shopee.
- Jika Anda mendapat notifikasi gagal saat melakukan transaksi (error), segera perbarui aplikasi Shopee Anda sebelum melanjutkannya.
- Jika Anda belum menerima pengembalian dana dalam waktu yang ditentukan, hubungi Customer Service Shopee.
⚠️ Catatan:
Jika Saldo ShopeePay Anda sudah mencapai batas akumulasi saldo masuk per bulan, maka pengembalian dana akan diproses ke rekening bank Anda yang terdaftar di akun Shopee.